qiemokie

Welcome to Suritech website

Bandeng Rorod Khas Bekasi

Selasa, 2 Agustus 2011 11:52:28 - oleh : admin

Setiap daerah idealnya memiliki makanan atau jajanan khas yang menjadi simbol potensi yang ada di daerah tersebut. Kita pasti sudah mengenal empek-empek dari Palembang, kerupuk sanjai dari Padang, kemplang dari Lampung, asinan dari Bogor atau sate Bandeng dari Banten. Adanya makanan khas tersebut selain menjadi daya tarik bagi wisatawan juga menjadi potensi pengembangan usaha kecil dan menengah (UKM) yang menunjang perekonomian masyarakat setempat.

Kabupaten Bekasi yang merupakan salah satu kawasan padat penduduk dan letaknya yang dekat dengan Jakarta memiliki potensi ekonomi yang sangat besar. Akan tetapi, Bekasi belum memiliki makanan maupun oleh-oleh khas yang dapat dibanggakan. Berdasarkan kondisi tersebut maka dirintislah usaha makanan khas Bekasi yang kemudian diberi nama "BANDENG ROROD" oleh Bapak Afif yang berlokasi di Perumnas 3 Bulak Kapal Bekasi.

Bandeng Rorod merupakan pengembangan varian produk berbahan baku ikan bandeng yang telah mengalami proses penghilangan duri dan penambahan bumbu tertentu sehingga rasanya menjadi lebih lezat. Pada awalnya, proses pemisahan duri ikan bandeng dilakukan secara manual menggunakan tangan.  Pemisahan duri ikan bandeng menggunakan tangan yang selama ini dilakukan membutuhkan waktu yang lama sehingga tidak efisien dalam segi proses produksi. Untuk memisahkan daging ikan bandeng sebanyak 5 kg dari durinya dibutuhkan waktu 2-3 jam, sehingga Bapak Afif tidak mampu memenuhi pesanan dalam jumlah besar. Akhirnya bertemulah Bapak Afif dengan teknologi mesin SuritechTM dan sangat tertarik dengan kinerja pemisahannya yang mencapai 80 kg/jam. Optimisme yang tinggi menjadi modal utama bagi Bapak Afif dan tim dari Samudera Teknik Mandiri pun memberikan dukungan yang sangat tinggi terhadap pengembangan usaha bandeng rorod yang dilakukan.  Oleh karena itu dilakukanlah pelatihan pengolahan ikan bandeng menggunakan mesin Suritech yang bertempat di RM Bandeng Rorod Mpok Omah Bekasi.

Penggunaan mesin SuritechTM akan mampu meningkatkan efisiensi dan kapasitas produksi bandeng rorod.  Pemisahan duri ikan bandeng sebanyak 5 kg kini hanya membutuhkan waktu tidak lebih dari 10 menit. Kini, Bapak Afif tidak khawatir lagi untuk memenuhi pesanan dalam jumlah besar. Selain dijual langsung, penjualan Bandeng Rorod juga dilakukan melalui agen dan outlet-outlet di tempat yang strategis.

Semoga masyarakat dapat menerima Bandeng Rorod sebagai makanan sehari-hari menggantikan daging sapi dan ayam, karena pada dasarnya kandungan protein dan zat gizi pada ikan jauh lebih baik dari pada daging. Sudah saatnya kita mengkonsumsi makanan sehat dan makan ikan merupakan salah satu cara mendapatkan makanan sehat bermanfaat. 

kirim ke teman | versi cetak

Berita "Kegiatan Workshop" Lainnya

  • Video


Suritech-TM: Mesin pemisah daging dan tulang ikan (fish meat-bone separator) hasil invensi Tim Riset FPIK-IPB siap digunakan masyarakat.

Loading...